Rabu, 24 Mei 2023

Menganalisis Mitos pada Lagu Dere Berjudul Kota

sumber: youtube DeLirik

Lagu dari Dere yang berjudul kota, adalah lagu yang rilis pada tahun 2020 tetapi berhasil membangkitkan rasa nostalgia dan kenangan-kenangan masa lalu dari para pendengarnya. Lagu ini memiliki lirik yang penuh dengan kiasan kiasan dan video klip yang dapat membangkitkan perasaan nostalgia. Lagu ini menjadi sebuah cara yang unik dan kreatif untuk mengungkapkan rasa rindu. 

Menurut saya, mitos yang ingin dibangun oleh seng penyanyi pada lagu ini adalah tentang hujan yang memiliki hubungan erat dengan kenangan dan rasa rindu. Perumpamaan yang digunakan sama seperti kata-kata "hujan itu 1% air, 99% kenangan".

Sumber: youtube TigaDuaSatu

Pengalaman estetis yang saya rasakan setelah mendengar lagu ini adalah rasa rindu pada masa lalu. Suasana yang ditampilkan pada video klip nya berhasil membuat saya bernostalgia ke masa kecil saya ketika berada di kota bekasi. Hanya dengan menonton video klip nya saya bisa membayangkan bau hujan, suara gema dalam ruangan, warna-warna lampu pencahayaan dikota yang agak redup. Sekarang saat mendengarkan lagu ini kembali, liriknya membuat saya mengingat kenangan-kenangan dengan teman-teman saya. Seperti saat pertama kali mendengar kan lagu ini, saya merekomendasikan nya ke salah satu teman dekat saya karena lirik nya sesuai dengan selera lagu nya dan saya sangat senang bahwa dia menikmati lagu yang saya rekomendasi kan. Saya juga teringat dengan kenangan-kenangan teman saya dimana kami biasanya bercanda, tertawa, bermain bersama, mencoba makanan baru, dll. Kini kami terpisah, di kota yang berbeda, dengan jalan yang berbeda, dan cita-cita yang berbeda yang ingin kami wujudkan. Lirik lagu ini semakin sesuai dengan apa yang sedang saya rasakan sekarang, rindu tentang masa yang sudah berlalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar